21/05/15

NILAI VISI DAN MISI PERUSAHAAN


Visi dan misi merupakan pondasi yang harus dibangun oleh Pimpinan sebagai motor penggerak perusahaan. Sebagai penggerak, seorang pimpinan dituntut mempunyai visi dan misi. Arah dan tujuan perusahaan sangat mempengaruhi konsistensi perusahaan terhadap pasar/konsumen. dengan ditentukannya visi dan misi, perusahaan diharapkan selalu berada di lintasan segmen dan omzet yang diharapkan.

Tanpa adanya visi dan misi perusahaan yang saling bersinergi, mungkin saja perusahaan tidak akan berjalan. hal itu bisa terjadi karena perusahaan tidak dapat membuat kebijakan-kebijakan, peraturan-peraturan dan tujuan. Visi dan misi merupakan pondasi bisnis/manajemen agar perusahaan dapat berjalan efektif dan efisien serta dapat mensejahterakan karyawan. Visi berguna sebagai media untuk menyatukan arah tujuan serta sasaran perusahaan, sebagai landasan untuk alokasi sumber daya dan proses kendali serta membangun budaya kerjaDi era ini, banyak perusahaan yang kesulitan membuat visi dan misi, bukan karena ketidak mampuan dalam menjalasnkan operasi, tetapi karena belum mempunyai pandangan yang jelas mengenai arah perusahaan. Selain itu pandangan harus sesuatu yang realistis dan aspiratif.

"Menurut Peter F Drucker, misi diartikan sebagai sebuah alasan mendasar atas munculnya sebuah organisasi. Organisasi berkembang seiring dengan adanya stabilitas industri menciptakan produk yang dibutuhkan pasar. Dengan adanya tujuan yang jelas, maka diharapkan roda industri perusahaan sudah berada pada lintasannya. Dengan adanya misi, sekumpulan orang berusaha untuk mencapai tujuan yang sama.
Visi dan misi sangat vital bagi perusahaan yang kompeten, hal ini menjadi landasan dasar/parameter bagi para pekerja untuk mengetahui arah yang jelas sebagai tenaga kerja.

Tidak ada komentar: