07/04/15

Perkembangan Industri Secara Global

Perkembangan industri sekarang ini sangat fluktuatif, banyak industri yang berkembang karena meningkatnya  pertumbuhan sektor pasar industri di Indonesia. Meningkatnya kebutuhan membuat tingginya permintaan pasar. Proyeksi pertumbuhan industri manufaktur mencapai 5,7 persen pada akhir 2014, sementara pada 2015 diperkirakan tumbuh 6,8 persen dan pada 2020 pertumbuhannya diharapkan mencapai 8,5 persen (Pernyataan Direktur Jenderal Kerjasama Industri Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana ).

Proses produksi di suatu pabrik demikian kompleks dan rumit termasuk pembiayaan yang kurang efisien.
Pada era teknologi canggih ini, proses produksi yang rumit di pabrik harus disederhanakan dan perusahaan tetap dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas dalam kurun waktu yang lebih singkat dan dengan efisiensi biaya yang optimal. Dampak positif lainnya adalah pencapaian kapasitas produksi yang tentu saja berpengaruh terhadap daya saing di pasar dunia.
Selain hal itu, sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor yang tak kalah penting. Seiring berkembangnya teknologi manufaktur, SDM dituntut mempunyai kemapuan dan wawasan yang luas untuk menunjang proses manufaktur yang kompeten.

Sumber: Google
Teknologi yang maju dan SDM yang berkapabilitas merupakan modal penting dalam pertumbuhan manufaktur di sektor industri. Diharapkan seiring berkembangnya sektor industri akan menambah penghasilan negara dan menarik investor dan stakeholder menanamkan investasi di Indonesia. Regulasi Pemerintah harus terus dikaji agar pasar industri tidak mendorong bangsa asing untuk memonopoli perdagangan produk-produk di Indonesia. Regulasi merupakan hal yang sangat penting sebagai landasan industri-industri dalam memilih segmen di Indonesia. Dengan adanya Regulasi yang cukup ketat diharapkan pemerintah dapat memberdayakan industri menengah untuk lebih berkembang, industri kecil agar merangkak naik. Semakin banyak pasar, semakin ada kebutuhan tenaga dan produk yang harus dihasilkan. Apabila industri berkembang dengan pesat, maka tingkat kepercayaan pasar asing akan tertuju ke Indonesia.




Tidak ada komentar: